GULALI

bahasa daerah,akankah segera punah?

23 Feb 2012 - 18:11 WIB

mengenal-bahasa-daerah

sumber gambar disini

sewaktu saya pulang kampung sebulan yang lalu,saat saya naik kereta api,di sebelah saya seorang ibu setengah baya,setelah itu dia mengajak ngobrol saya.karena sama satu daerah maka saat dia tanya, saya jawab dengan bahasa daerah,yang menjadi saya bingung,kenapa dia seolah-olah tak mau di ajak ngomong bahasa daerah,bahkan saat saya menjawab dengan bahasa daerah selalu bilang “apa?”seolah olah tidak paham apa yang saya omongkan,padahal bahasa indonesia dia sangat medok sekali.

sebenarnya tidak hanya ibu ini yang malu menggunakan bahasa daerahnya sendiri,saat saya di kampung pun banyak remaja yang lebih suka menggunakan bahasa indonesia dari pada bahasa daerah.padahal bahasa indonesia lebih tepat di gunakan saat kita berbincang dengan orang lain yang tidak sedaerah.

fenomena akan malu nya mengunakan bahasa daerah sendiri,akan berdampak pada punahnya kosakata bahasa daerah tersebut.lama kelamaan orang akan asing dengan bahasa daerahnya sendiri.

pernahkah ada yang bertanya kepada anaknya,berapa nilai bahasa daerahnya di sekolah?selama ini yang saya alami sangat jarang,bahkan mungkin sedikit sekali,beda dengan bahasa inggris yang selalu di tanyakan dan di prioritaskan,sedangkan bahasa daerah selalu di kesampingkan.mungkin menganggap bahasa daerah sudah bisa dan biasa.padahal dalam bahasa jawa misalnya,ada bahasa yang halus (kromo inggil) dan bahasa ngoko yang biasa di pakai di sehari-hari.

menurut berita di portal web kompas,yang di tulis 11 agustus 2008.Perkembangan bahasa daerah dewasa ini mencemaskan. Dari 742 bahasa daerah di Indonesia, hanya 13 bahasa yang penuturnya di atas satu juta orang. Artinya, terdapat 729 bahasa daerah lainnya yang berpenutur di bawah satu juga orang. Di antara 729 bahasa daerah, 169 di antaranya terancam punah, karena berpenutur kurang dari 500 orang.

kita tahu bahwa bahasa daerah adalah warisan yang sangat luhur,tak sepantasnya untuk merasa malu menggunakan bahasa daerah.bahasa di mana kita mengenal lingkungan.bahasa yang sangat indah penuh kerinduan,saat kita jauh dari daerah kita.

ngomong-ngomong bahasa daerah,saya jadi kangen celotehan anak-anak di kampung saya…… :(


TAGS   bahasa daerah /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive