GULALI

cara mencontek yang baik dan benar

16 Apr 2012 - 13:13 WIB

gambar dari google

gambar dari google

ujian nasional bagi anak sekolah merupakan sesuatu yang menegangkan,berbagai macam cara di lakukan supaya bisa lulus dalam ujian nasional.komat-kamit di dalam kamar seharian saat paginya mau ujian biasanya yang banyak di lakukan para anak sekolahan atau biasa di sebut belajar kebut semalam (termasuk gue dulu ngelakuinnya…hehehe).

contek mencontek sebenarnya susah untuk di hilangin dalam kehidupan sekolah,karena di saat tak bisa mengerjakan soal,pasti reflek nengok kanan kiri,bener gak sih?hehehe….apalagi di saat ujian teman di sebelahnya lumayan pintar,pasti kita tidak pede dengan jawaban kita,sehingga mencoba mencocokkan dengan teman sebelah.sebagai jalan yang dipilih,jawabannya sama gak yah?…hehehe.mencontek sebenarnya bukan hanya monopoli anak sekolah saja,banyak juga mahasiswa melakukan itu,di saat UAS maupun UTS.

sebenarnya apa esensi Ujian Nasional sehingga belajar selama tiga tahun hanya di tentukan satu minggu, bukannya sangat membebankan pelajar.apakah baik buruknya pelajar hanya di nilai dengan angka-angka.padahal yang paling penting menurut saya adalah pendidikan moralnya,karena sepintar apapun orangnya,tanpa di landasi moral yang benar,nantinya akan menjadi para koruptor-koruptor licik dan para penguras kekayaan negara.lihat saja di negara finlandia yang punya pendidikan terbaik seluruh dunia,hanya melakukan ujian-ujian biasa,tidak ada ujian nasional.bahkan katanya tidak di bebankan PR yang banyak untuk para pelajar.

kembali ke soal contek mencontek,saya ingin berbagi cara mencontek yang baik dan benar,inilah di antaranya :

1. contek lah cara belajar teman yang pintar

bagaimana teman yang pintar itu biasa belajar,bila perlu main ke rumahnya.tanyain bagaimana belajarnya.ajak belajar bareng.

2. menyalin tulisan pelajaran yang mau di UN kan di kertas

buat ringkasan dari materi pelajaran lalu tempel di dinding-dinding kamar,atau di bikin tulisan kecil-kecil,jadi bisa di masukin di saku,nah,saat di toilet atau di mana saja bisa di baca,tanpa kita sadari pasti pelajaran itu akan meresap sendiri di dalam memori otak kita,dan saat ujian pasti kita tak jadi bawa kertas contekan tersebut,karena kita sudah hapal yang ada dalam kertas contekan itu.

3. merekam suara kamu membaca pelajaran

rekam suara kamu di hape saat menghapal mata pelajaran.anak sekarang kan rata-rata sudah punya hape yang bisa untuk merekam,kalo tidak punya pinjam hape orang tua.lalu rekam suara kamu menghapal pelajaran dengan keras.lalu kamu bisa mendengarkan suara kamu yang merdu ber ulang-ulang di hape mu….hehehe.tak usah lagi komat-kamit di dalam kamar.

4. contek lah teman kamu yang rajin beribadah

jika kamu malas malasan dalam melakukan ibadah,sekaranglah mulai rajin beribadah.lihatlah teman kamu yang rajin ibadah.tirulah,maka di saat menghadapi ujian kamu akan merasa tenang.

5. conteklah diri sendiri

hindari mencontek teman,karena belum tentu jawaban teman benar,tapi percaya dirilah pada diri kamu.fokus ke soal dan bila buntu,hitung saja jawaban melalui kancing bajumu……hahaha.

itulah cara mencontek yang baik dan benar,walau agak ngawur….hehehe,tapi tak ada salahnya coba saja di praktekkan siapa tahu anda beruntung….hehehe

selamat menempuh ujian,semoga berhasil kawan..


TAGS   ujian / UN /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive