GULALI

Asyiknya Ngobrolin komunitas di #bloggerbicara komunitas

8 Apr 2013 - 23:36 WIB

#bloggerbicara komunitas

#bloggerbicara komunitas

Sebenarnya apa sih definisi dari komunitas?itulah yang pertama terlontar oleh pembawa acara dari obrolan santai di #bloggerbicara komunitas yang di adakan oleh blogdetik di demang resto dan caffe,sarinah jakarta pada hari minggu tanggal 07 april 2013,acara yang di hadiri oleh berbagai komunitas seperti Dblogger,Emak-Emak Blogger,Asean Blogger,Kopdar Jakarta,Kartunet,SoneID, Sugar Glader Fun & Crazy, Dll. semua punya definisi sendiri mengenai komunitas,tapi intinya adalah sebuah perkumpulan di mana terdapat kesamaan hobi atau kesukaan yang bisa saling sharing tentang hobi tersebut,sehingga bisa bertukar pengalaman tentang hobinya tersebut.

MC bang karel dan bang marwan

MC bang karel dan bang marwan

Komunitas berbeda dengan ormas(organisasi kemasyarakatan) karena dalam berkomunitas sistemnya tidak mengikat,dan tidak harus ada struktur organisasi.komunitas terbentuk karena adanya rasa saling sehobi.
Ngobrolin soal komunitas di dalam #bloggerbicara komunitas banyak sekali yang di kupas di sini, dari kenapa ikut komunitas? Apa untungnya ikut komunitas? Pentingkah ikut berkomunitas? Sampai mengupas tuntas konflik-konflik yang ada di komunitas.

hiburan nyanyi persembahan blogger

hiburan nyanyi persembahan blogger

Apa sih yang membuat orang ikut komunitas tertentu? Pasti jawabanyanya karena kesukaannya yang sama dengan komunitas tersebut. Orang ikut komunitas biasanya karena punya hobi yang sama dengan komunitas tersebut. Jadi maka nya sia-sia ikut komunitas kalau tujuannya bukan karena kegemaran atau hobi, karena pasti akan merasakan kekecewaan di dalam berkomunitas tersebut.
Lalu apa untungnya ikut berkomunitas ? berkomunitas selama sehobi atau segemaran pasti akan menemukan banyak keuntungan, kita akan memperoleh banyak pengetahuan tentang hobi kita yang belum kita tahu,juga akan menemukan banyak teman yang se hobi dengan kita, kita juga akan menambah wawasan tentang hobi kita.

dari anggota kartunet memaparkan pengalamannya di komunitas

dari anggota kartunet memaparkan pengalamannya di komunitas

Dalam berkomunitas tak selalu jalan mulus-mulus saja, biasanya ada saja konflik-konflik yang terjadi seperti cinta segitiga di komunitas, konflik antara pengurus dan ketua, atau konflik-konflik yang lain. Saat terjadi konflik biasanya yang paling di rugikan yaitu anggota yang tidak tahu apa-apa,lalu harus masuk ke dalam masalah tersebut.mau gak mau melihat konflik yang terjadi sehingga mengakibatkan ketidaknyamanan dalam berkomunitas.
Ada seorang blogger dari komunitas mana saya lupa,memaparkan bahwa untuk menyelesaikan konflik di dalam komunitas biasanya dengan cara meminta orang-orang yang sedang berkonflik di komunitas untuk membicarakannya di tempat tersendiri,jadi tidak mengganggu anggota komunitasnya yang lain, saat menyelesaikan antara orang yang sedang berkonflik mesti ada orang yang sebagai penengah sehingga konfliknya tidak semakin meruncing. Jangan sampai karena segelintir orang yang berkonflik mengakibatkan komunitasnya tercerai berai.komunitas harus tetap solid apapun yang terjadi.
Dalam acara #bloggerbicara komunitas tak hanya mengulas tuntas tentang komunitas,tapi juga di adakan fun games yang menyangkut dengan komunitas,juga hiburan musik yang di tampilkan oleh para blogger-blogger, yang suara nya tak kalah dengan penyanyi-penyanyi Indonesia.

fun games #bloggerbicara komunitas

bang karel di kerjain komunitas SGFC

bang karel di kerjain komunitas SGFC

komunitas SGFC (sugar glader fun & crazy )

komunitas SGFC (sugar glader fun & crazy )

Fun games yang di adakan berupa menyatukan para anggota komunitas-komunitas yang berbeda,menjadi sebuah komunitas baru dengan anggota maksimal 10 orang,di sinilah di uji seberapa solid komunitas baru dadakan yang terbentuk,pemenangnya adalah yang paling kompak dan paling menyatu di komunitas baru tersebut.makanya pas acara sangat seru sekali, karena semua komunitas bentukan baru tersebut saling unjuk gigi kekompakan. Itulah serunya berkomunitas.
Di akhir acara anggota komunitas dari kartunet menampilkan gitar acoustiknya dengan lagu yang di ciptakan sendiri, sangat kagum. Dengan suara yang enak di dengar, mengalunkan irama-irama yang penuh merdu,salutnya lagi lagu tersebut di ciptakan sendiri, walau dalam maaf keterbatasan.

alunan gitar acoustik dari komunitas kartunet

alunan gitar acoustik dari komunitas kartunet

Semoga saja blogdetik sering membuat acara #bloggerbica agar bisa para komunitas selalu menebarkan kebaikan dan sharing pengetahuan.
Saran saya untuk selanjutnya #bloggerbicara membahas mengenai #bloggerbicara nasionalisme, mengupas tuntas tentang nasionalisme kekinian dalam teknologi,bagaimana memaknai jiwa nasionalisme,seberapa nasionaliskah dalam diri kita? Dan banyak lagi ulasan tentang nasionalisme.

Kembali ke komunitas,dan temukan keseruan akan hobimu.

keseruan #bloggerbicara komunitas (sumber gambar dari FB blogdetik)


TAGS   komunitas / bloggerbicara / demang / blogdetik /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive