GULALI

tips persiapan libur lebaran

7 Jul 2015 - 18:23 WIB

hari lebaran atau hari raya idul fitri adalah hari yang paling di tunggu-tunggu oleh umat muslim, karena di hari tersebut ada kegembiraan bersama,kumpul bersama, saling silaturahmi dan saling maaf memaafkan. saat lebaran tiba biasanya selain acara bersalam salaman dan saling silaturahmi, sekeluarga biasanya mengadakan jalan-jalan ke tempat wisata. disamping mempererat persaudaraan juga sebagai ajang ngumpul bareng setahun sekali.

setiap tempat wisata punya pesona sendiri-sendiri.wisata ke pantai dapat melihat deburan ombak,angin sepoi-sepoi,sensasi naik perahu bagi yang belum pernah,atau melihat matahari terbit atau terbenam dipantai. sedang di pegunungan biasanya ada pemandian air hangat,menikmati dinginnya malam, menikmati pemandangan alam yang sejuk atau di kebun binatang bisa menikmati indahnya pemandangan di kebun bianatang dan melihat binatang-binatang langka dan masih banyak lagi.

untuk berwisata libur lebaran, perlu adanya rencana dan persiapan terlebih dahulu, karena supaya hemat dalam pengeluaran biaya berwisata, jangan sampai nanti malah ngedumel saat pulang jalan-jalan. berikut persiapan yang perlu di perhatikan saat akan berwisata libur lebaran :

  1. rencanakan makanan apa yang akan di bawa saat jalan-jalan, karena biasanya jika kita tidak membawa makanan dan lebih memilih membeli di tempat wisata, harganya akan berlipat-lipat dan yang pasti akan menguras uang kita, dan belum tentu rasanya enak.dengan membawa bekal makanan paling tidak akan bisa menghemat pengeluaran wisata lebaran.
  2. sediakan uang receh. biasanya tempat wisata yang di alam terbuka seperti di pantai,alun-alun atau yang lainnya. akan ada pengamen dan pengemis yang berkeliaran. jika sudah mempersiapkan uang receh, paling tidak kita bisa langsung memberi tanpa harus mencari-cari terlebih dulu.
  3. siapkan kondisi kendaraan agar fit, jika menggunakan kendaraan pribadi baik mobil ataupun sepeda motor, lebih baik cek terlebih dahulu kondisi kendaraan tersebut, jangan sampai terjadi yang tidak di inginkan saat di perjalanan.
  4. persiapkan biaya perjalanan wisata lebaran, kalkulasikan biaya wisata libur lebaran dari biaya perjalanan, biaya masuk tempat wisata, biaya parkir dan biaya lainnya
  5. siapkan juga obat-obatan perjalanan seperti minyak angin, obat mabok perjalanan dan lainnya, sehingga saat membutuhkan P3K diperjalanan atau ditempat wisata sudah ada.
  6. jangan lupa berdoa sebelum melakukan perjalanan

berwisata libur lebaran biasanya menjadi momen tersendiri bagi keluarga, disamping bermaaf-maafan. biasanya destinasi wisata libur lebaran yang di pilih kebanyakan tempat wisata yang ada di kotanya tersebut. selain tahu kebutuhan wisata juga tidak membutuhkan waktu yang lama ke tempat wisata. bisa menikmati tempat wisata berlama-lama.

dalam wisata libur lebaran juga ada yang perlu kita hindari, diantaranya :

  1. jangan membuang sampah sembarangan karena akan mengotori tempat wisata.
  2. jangan merusak tempat wisata,misalkan mencoret-coret tugu atau tembok
  3. gunakan secara bijak taman yang di tempati,jangan merusak taman wisata.
  4. dan yang lainnya

apakah anda sudah mempersiapkan wisata liburan lebaran kali ini?


TAGS  


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive