GULALI

menilai sisi positif teman

6 Jun 2017 - 13:26 WIB

 

di setiap teman kita, pasti punya sisi positif dan negatif,tergantung,banyakan mana sisi positif atau sisi negatifnya.kadang saya sering menilai teman,sebagai bahan evaluasi atau pembelajaran.berdasarkan pengamatan saya, penilaian teman yang bernilai positif antara lain :

1. teman royal/loman/mudah bersodakoh

teman saya yang ini biasanya tidak memikirkan seberapa dia punya banyak uang,tapi yg di pikirkan hanya berapa banyak dia dapat memberi. teman yg ini biasanya tidak peritungan. mudah memberi. menurut pengamatan saya,teman yang seperti ini dalam segi rejeki mengalir deras. the power is sodakoh, memang benar2 nyata. perhitungan kita tidak sama dengan perhitungan Tuhan. kita tidak mampu dalam menjangkau perhitungan Tuhan.

2. teman jujur

teman yang ini biasanya akan menilai apa adanya tentang curhatan kita,bahkan bisa menilai dari segala sisi. tidak hanya dari diri kita tapi dari sisi orang lain, misal saya curhat si A begini begitu, teman jujur akan memberi masukan positip atau malah justru kandang menyalahkan diri saya, karena misal dari curhatan saya salah tapi dengan cerita membela diri.
teman yang ini sebenarnya ngeselin, karena kadang kitanya yang di salahkan. tapi dipikir2 teman jujur seperti ini bisa menjadikan kita mawas diri,introspeksi diri. tidak selalu membela dan ngompor2i.

3. teman pandai bicara

jujur teman seperti ini sebenarnya ngeselin,apalagi saat dia sedang bersilat lidah. tapi dilihat dari sisi positipnya, teman yang seperti ini punya jiwa enterpreneur, saya lihat teman yang pandai berbicara dapat melesat cepat dalam segi marketing. mudah bergaul dan mengkondisikan situasi, tidak malu saat menghadapi orang lain. dan suka SKSD (sok kenal sok dekat).

4. teman jiwa berdagang

teman yang seperti ini sering menginspirasi saya. walaupun saya belum bisa…hehehe. teman yang jiwa berdagang biasanya akan ulet dalam berdagang,motonya selama berusaha dan berdoa pasti akan ada rejeki. tidak peduli dagang apa aja asal halal dia kerjakan,dagang keliling kek,dagang dipinggir jalan kek,tidak jadi masalah. saya pernah bertanya,saat pertama dagang keliling ada rasa malu gak, dia jawab, ada tapi rasa malu itu dia tabrak. katanya kalo malu terus kapan bisa makan.

5. teman ringan tangan

teman yang satu ini hebat, kadang tidak menunggu kita minta bantuan tapi dia malah menawarkan diri. biasanya teman yang seperti ini terkenal di lingkungannya sebagai orang baik. teman seperti ini justru banyak yg memperhatikannya, misalnya dia sakit. tetangga pada tanya, eh si anu kenapa?sakit apa?nih obat kasih ke dia?buah-buahan ini tolong berikan ke dia?.
karena ringan tanyanya dia, banyak yang peduli. ibaratnya apa yang di tanam maka itu pun yang akan di tuai.

6. teman rajin

teman yang satu ini hebat dalam soal belajar, gemar membaca dan biasanya tidak suka membuang waktu yang tidak berguna. teman seperti ini biasanya pandai, dan fokus dengan apa yang di pelajari. teman rajin di sini juga bisa orang yang tidak suka kotor,dia suka bersih-bersih. sehingga kalo liat kamar teman yg rajin akan terlihat nyaman karena kebersihannya.

sebenarnya banyak lagi sifat sisi positip teman yang bisa jadi bahan evaluasi dan pembelajaran. tapi karena cape cukup sekian ajah…hehehe
setiap teman bukan berarti hanya punya satu sifat positip seperti yang di atas, tapi bisa jadi antara mudah bersodakoh dan ringan tangan atau bisa jadi memiliki ke semuanya atau tidak kesemuanya.itu berbeda-beda.

apakah teman kalian ada sifat positif  selain dari yang di atas?


TAGS   teman / positif /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive